Bagaimana Cara Membuat Software – Menjadi aplikasi developer ialah rencana karir yang paling menggiurkan. Mereka ialah orang-orang yang memiliki kemampuan yang paling penting.
Tapi apa yang sebetulnya mereka lakukan? Karena Anda barangkali tidak dapat mengalahkan mereka, Anda mesti bergabung dengan mereka. Apakah kita memiliki keterampilan teknologi dan hubungan kehumasan guna mengembangkan produk yang bagus? Dengan sedikit tahapan ini barangkali Andan bakal memulainnya !
1. Pelajari Alur Cara Membuat Software
A. Tentukan jenis pengembangan aplikasi dasar yang menjadi kepentingan Anda.
Ada dua jenis dasar pengembangan perlengkapan lunak: Pengembangan Aplikasi dan Pengembangan Sistem .
Pengembangan Aplikasi difokuskan pada penciptaan program yang memenuhi keperluan pemakai.Beberapa misalnya seperti software ponsel, video game berkapasitas tinggi, perangkat empuk akuntansi tingkat enterprise.
Pengembangan Sistem difokuskan pada pembuatan dan pemeliharaan sistem operasi yang menata jalannya program. Pengembangan Sistem sering sehubungan dengan pengoperasian jaringan dan ketenteraman data.
B. Ajari Diri kita Bahasa Pemrograman Software
Cara menciptakan software ialah dengan menguasai bahasa pemograman. Siapa pun dapat menemukan ide, namun seorang developer dapat mengubah usulan itu menjadi sesuatu yang nyata.
Bahkan andai Anda melulu ingin menggarap aspek desain perlengkapan lunak, Anda mesti terbiasa dengan pengkodean dan dapat menciptakan prototip dasar. Ada sekian banyak macam bahasa pemrograman yang dapat Anda pelajari sendiri. Beberapa yang lumayan penting dipelajari laksana :
C – C ialah salah satu bahasa pemograman lumayan tua yang masih digunakan, adalahdasar atau cikal akan dari bahasa pemograman yang lainnya. Bahasa C dipakai untuk mengembangkan program tingkat rendah, dan lebih sering dipakai untuk perlengkapan keras komputer.
C ++ – Ini ialah hasil pengembangan dari bahasa C, adalahversi Objek orientaed dari C, dan adalahbahasa pemrograman terpopuler di dunia. Program laksana Chrome, Firefox, Photoshop, dan program populer lainya semuanya di bina dengan C ++. Ini pun bahasa yang paling populer untuk menciptakan video game. Developer C ++ nyaris selalu diminati.
Java – Ini ialah evolusi dari bahasa C ++, dan dipakai karena fasilitas portabilitasnya. Hampir seluruh sistem bisa menjalankan Java Virtual Machine yang memungkinkannya guna menjalankan perangkat empuk Java. Ini tidak sedikit digunakan dalam permainan video dan perangkat empuk bisnis, dan tidak sedikit orang merekomendasikannya sebagai bahasa yang penting.
C # – C # ialah bahasa berbasis Windows yang adalah bagian dari framework .NET dari Microsoft. Hal ini berhubungan erat dengan Java dan C ++, dan andai Anda belajar Java, Anda bisa dengan cepat berpindah ke C #. Bahasa ini paling berguna untuk pengembang yang bekerja dengan perangkat empuk Windows atau Windows Phone.
Objective-C – Ini ialah sepupu bahasa C lainnya yang dirancang khusus guna sistem Apple. Ini menyaksikan popularitas besar di software iPhone dan iPad. Ini ialah bahasa yang bagus guna dipelajari sebagai freelancer.
Python – Ini ialah bahasa yang sangat gampang dipelajari, di antara yang sangat mudah. Python mengutamakan diri dalam pengembangan web.
PHP – Ini bukan pengembangan perlengkapan lunak, namun PHP paling penting andai Anda tertarik guna terjun ke pengembangan web. Selalu ada tidak sedikit pekerjaan untuk developer PHP.
C. Tentukan Refrensi kita dalam Belajar Membuat Software
Sebagian besar toko kitab mempunyai bagian eksklusif utnuk kitab pemrograman, dan ada tidak sedikit tersedia kitab yang tersedia laksana Amazon dan e-tailers lainnya. Buku pemrograman yang ditulis dengan baik bisa jadi akan menjadi sumber terbaik yang bisa Anda miliki, dan akan mempermudah Anda dalam mengejar refrensi dalam menggarap proyek.
Di samping buku, internet ialah tempat refrensi yang tak terdapat habisnya utnuk menggali panduan dan tutorial. Cari petunjuk tentang bahasa opsi Anda di situs laksana CodeAcademy, Code.org, Bento, Udacity, Udemy, Akademi Khan, W3Schools, dan masih tidak sedikit lagi.
D. Ikutilah Beberapa Kelas Pengermbangan Software
Meskipun kita tidak membutuhkan gelar eksklusif untuk dapat mengikuti ruang belajar pengembangan sofrware, kita tidak butuh repot-repot mengambil sejumlah kelas eksklusif dalam belajar menciptakan software. Cara paling mudah ikutilah event-event singkat yang membahas teknik membuat aplikasi secara kelesuruhan.
Ini bakal memberi Anda deviden dari satu-satu instruksi, dan Anda bakal ditantang guna memecahkan masalah yang bakal menuntut Anda guna belajar sendiri.
Kelas menguras biaya, jadi pastikan Anda meregistrasi ke ruang belajar yang akan menolong Anda mempelajari apa yang hendak Anda ketahui.
Sementara tidak sedikit developer bisa memilih jenis industri khusus cocok dengna kemahiran mereka, Anda bakal mendapat keahliahn yang menonjol kika kamu mempunyai gelar sarjana di Universistas tertentu. Gelar bakal memberi kita pengetahuan yang lebih luas dan bakal memberi kita akses ke ruang belajar tambahan yang berfungsi seperti matematika dan logika.
E. Selesaikanlah Beberapa Projek Uji Coba
Sebelum kita mulai mengupayakan menerapkan kemampuan pemrograman baru kita ke kegiatan dunia nyata, kerjakanlah sejumlah proyek guna Anda sendiri. Tantang diri Anda guna memecahkan masalah dengan memakai bahasa pemrograman Anda. Hal tersebut tidak melulu akan menolong mengembangkan kemampuan Anda, ini pun akan membantu membina resume Anda.
Misalnya, alih-alih memakai program kalender komputer kita untuk menata schedule Anda, usahakanlah merancang sendiri!
Jika kita tertarik dengan pengembangan video game, kerjakanlah permainan simpel yang tidak konsentrasi pada grafis atau mekanika kompleks. Sebagai gantinya, buatlah aplikasi yang sederhana, mengasyikkan dan unik. Daftar game kecil yang Anda bikin sendiri bakal terlihat bagus dalam portofolio Anda.
F. Bertanyalah di Forum Pengembangan Software
Cara ini lumayan efektif untuk meningkatkan pengetahuan kita mengenai bagaimana teknik membaut software. Internet ialah cara yang luar biasa untuk terhubung dengan developer lain. Jika kita menemukan tantangan pada proyek Anda, mintalah pertolongan di situs laksana StackOverflow. Pastikan kita bertanya secara cerdas dan dapat membuktikan bahwa Anda sudah mencoba sejumlah solusi yang mungkin.
G. Berlatihlah masing-masing hari
Bekerja pada proyek uji jajaki Anda masing-masing hari, meskipun melulu satu jam dalam sehari. Ini akan menolong Anda tetap segar dan terus belajar kiat baru. Banyak pengembang yang telah sukses mempraktekan teknik ini, karena teknik ini merupakan teknik yang efektif dalam belajar menciptakan software.
Tetapkan waktu masing-masing hari yang dapat Anda lakukan untuk belajar coding, atau tetapkanlah masa-masa yang mesti kita selesaikan. Cobalah untuk menggarap proyek Anda masing-masing hari sekitar seminggu sampai-sampai Anda bisa bersantai di akhir pekan Anda.
2. Mengembangkan Sebuah Software
A. Buka Wawasan Anda
Program yang bagus akan mengerjakan tugas yang membuat kegiatan sehari-hari lebih mudah untuk pemakainnya. Liharlah aplikasi yang kini sedang kita kembangkan, dan lihat apakah terdapat cara supaya prosesnya dapat lebih gampang atau lancar. Program yang sukses ialah program yang akan menyerahkan utilitas yang sedikit pada pemakainya.
Periksa tugas harian kita di komputer Anda. Apakah terdapat cara supaya Anda dapat mengotomatisasi beberapa dari tugas-tugas tersebut dengan suatu program?
Tuliskan masing-masing ide. Bahkan andai nampaknya konyol atau mengherankan pada ketika itu, bisa pulang menjadi sesuatu yang bermanfaat atau bahkan brilian.Periksa program lain. Apa yang mereka lakukan? Bagaimana mereka dapat melakukannya dengan lebih baik?, jawablah pertanyan-pertanyan tadi dengna usulan Anda untuk menyerahkan solusi yang brilian.
B. Tulis Dokument Software Anda
Dengan menciptakan dokumen ini, akan menyatakan fitur dan apa saja yang hendak Anda capai . Mengacu pada dokumen desain sekitar proses pengembangan akan menolong proyek kita tetap berlangsung dan fokus.
C. Membuat Prototipe Software
Ini ialah program dasar yang mengindikasikan fungsionalitas yang hendak Anda capai. Prototipe ialah program cepat, dan mesti diulangi hingga Anda mengejar desain yang sesuai. Misalnya, andai Anda menciptakan program kalender, prototipe Anda bakal menjadi kalender dasar (dengan tanggal yang benar!) dan teknik untuk menambahkan masing-masing acara dalam kalender tersebut.
Prototipe kita akan tidak jarang berubah sekitar siklus pengembangan ketika Anda menemukan teknik baru untuk menanggulangi masalah atau memikirkan usulan yang bakal Anda gabungkan.
Prototipe tersebut tidak mesti cantik. Sebenarnya, seni dan desain mesti menjadi di antara hal terakhir yang kita fokuskan. Dengan menggunakan misal kalender lagi, prototipe Anda bisa jadi besar melulu teks saja.
D. Ujilah Berulang-ulang Software Anda
Bug ialah masalah untuk setiap developer. Kesalahan dalam pengkodean dan pemakaian user yang bermacam-macam dapat memunculkan problem yang berbagai ragam.
Seiring kita terus menggarap software Anda, ujilah sebanyak barangkali sampai tidak mengejar sebuah kesalahan. Lakukanlah seluruh yang Anda dapat untuk memecahkannya. Mintalah rekan dan family Anda guna menguji program kita dan catatlah seluruh keluhan yang mereka alami. Lakukan uji jajaki dengan teknik apapun, karena tersebut akan membuat software Anda semakin sempurna.
Cobalah memasukkan data tanggal yang tidak masuk akal, contohnya tanggal masal atau masa mendatang yang paling jauh. Reaksi apa yang bakal Anda dapatkan terhadap aplikasi Anda.
Masukkan variabel yang salah. Misalnya, andai Anda memiliki eksemplar isian yang meminta umur pemakai, masuk ke dalam suatu kata dan lihatlah, apa yang terjadi pada aplikasi Anda.
Jika program kita mempunyai interface grafis, klik semuanya. Apa yang terjadi ketika Anda pulang ke layar sebelumnya, atau klik tombol dengan urutan yang salah?
E. Tanyakan Pendapat Teman, Tentang Software Anda
Meskipun aplikasi yang Anda bikin masih kasar, jajaki bagikan untuk teman kita untuk memahami bagaimana kenyamanan dan kelancara dari program yang kita buat. Ini berarti guna meyakinkan menu berlangsung secara logis, User Interface (UI) bersih dan gampang digunakan, tidak terdapat bug gampang kelihatan atau mencolok, dan dilapisi dengan hasil akhir yang bagus.
Desain dan fungsionalitas UI dapat sangat susah dan rumit. Pastikan bahwa proyek individu Anda mudah dipakai dan gampang di mata. UI profesional barangkali tidak dapat dilaksanakan tanpa perkiraan dan tim.
Jika kita mempunyai anggaran, ada tidak sedikit desainer grafis freelance yang berpotensi merancang UI guna kontrak untuk Anda. Jika kita mempunyai proyek padat yang kita harapkan bakal menjadi urusan besar berikutnya, carilah perancang UI yang baik dan jadikan mereka unsur dari kesebelasan Anda.
F. Letakkan proyek kita di GitHub
GitHub ialah komunitas open source yang memungkinkan kita berbagi kode dengan orang lain. Ini akan mempermudah pengupdatean code kita dan juga dapat bermanfaat untuk orang beda yang menggali solusi tentang sebuah projek yang barangkali Anda miliki. GitHub ialah tempat belajar yang hebat, Anda dapat belajar disana sekaligus membina portofolio Anda.
G. Bagikan Software yang Telah kita Buat
Begitu Software yang kita buat sudah jdi, Anda bisa memilih guna membagikannya atau tidak. Ada sekian banyak cara yang bisa Anda kerjakan untuk membagian aplikasi yang telah kamu buat.
Salah satu teknik yang sangat umum untuk start up atau pengembang independen untuk menyalurkan perangkat empuk mereka ialah melalui website web pribadi. Pastikan seluruh fitur kita terdokumentasi dengan benar, dan sertakan sejumlah tangkapan layar dan tutorial. Jika Anda memasarkan perangkat empuk Anda, pastikan kita mempunyai sistem pembayaran digital yang bagus dan server untuk menyalurkan perangkat lunak.
Jika kita mengembangkan perangkat empuk untuk perlengkapan atau sistem operasi tertentu, ada sejumlah toko digital yang barangkali dapat kita gunakan. Misalnya, andai Anda menciptakan perangkat empuk untuk perlengkapan Android, Anda bisa menjual software Anda melewati Google Play Store, Amazon App Store, atau website web individu Anda.
https://id.pinterest.com/pin/313000242851370808/
https://www.plurk.com/p/n6pucb
https://plus.google.com/u/2/112422489673678799275/posts/CmnYwdKNKYV